Home » » GAMAT: Penyembuh dari Dasar Samudera

GAMAT: Penyembuh dari Dasar Samudera


 Seekor binatang dasar laut yang hampir luput dari perhatian dunia membuat kejutan dikarenakan keampuhannya dalam membantu pemulihan penyakit degeneratif mematikan yang paling ditakuti banyak orang seperti Diabetes Militus, Kerapuhan Tulang, Radang Sendi, Bocor Jantung, Asthma, Psoriasis, Kanker, dsb.
Holoturian, Teripang/Gamat (Haisom) digunakan oleh bangsa Melayu Langkawi sekaligus sebagai makanan obat tradisionil untuk menyembuhkan penyakit asthma, sakit persendian, penyakit kulit, darah tinggi hingga jantung.
Lebih dari 1.100 species telah teridentifikasi sebagai kerabat binatang laut ini.
Ada yang berbentuk biasa seperti yang kebanyakan digunakan untuk konsumsi makanan executive ada yang berbentuk sangat exotis. Besar ukurannya beraneka ragam, mulai yang berukuran mikroskopis hingga bisa sepanjang 5 meter, namun kebanyakan berukuran sekitar 10 - 30 cm.
Teripang mendominasi kehidupan dasar laut dalam / palung laut hingga 90%, sekalipun mayoritas tinggal di dasar laut beberapa species dapat berenang.
Teripang terdapat di seluruh samudera dunia dan bertugas membersihkan pasir laut dari serpihan-serpihan endapan benda- benda / lumpur organic di dasar laut maupun terumbu karang dengan cara menghisapnya, melumatnya dan meninggalkan pasir yang telah dibersihkan dibelakangnya.

Regenerasi Sel
Beberapa species teripang memungkinkan hewan-hewan laut lainnya seperti ikan kecil seperti belut tak bersisik dapat tinggal dengan nyaman di dalam perutnya untuk menyantap bio organic penuh gizi, bahkan mempersilahkan mereka untuk menyantap organ dalamanya seperti: organ reproduksi, pencernaan hingga pernapasan, namun hal ini sama sekali tidak membahayakan sang teripang karena ia dapat menumbuhkan kembali jaringan yang hilang.
Suatu kejutan yang ia simpan dalam keadaan terjepit adalah membelah diri dan membiarkan isi perutnya terburai keluar.
Ini adalah upaya untuk mengecoh dan mengalihkan perhatian lawan agar membatalkan niatannya untuk memangsa tubuh sang teripang, namun sang teripang tidak mati, organ dalaman binatang yang tangguh ini akan tumbuh kembali beberapa minggu kemudian.
Teripang/Gamat jenis Stichopus Hermanii misalnya mampu menyambung dinding tubuhnya yang telah dipotong setelah dilepas kembali kedalam air laut.
Salah satu metode perkembang biakannya adalah dengan cara yang kelihatan amat radikal, mereka benar-benar membelah diri dengan cara mengkontraksikan bagian tubuh tertentu sehingga seekor teripang terbelah menjadi dua tubuh untuk kemudian masing masing tubuh menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang.
Hal ini dapat terjadi karena secara alamiah teripang memiliki organisasi jaringan yang amat rumit serta daya regenerasi sel yang luar biasa.

Kandunan Penting
Para Praktisi Alternative Medicine mulai melirik GAMAT dan menggunakan extract hewan laut tersebut sebagai obat alamiah / alternative untuk mencegah serta memulihkan banyak jenis penyakit degeneratif seperti Diabetes Militus, Degenerative Joint Disease (DJD) atau Penyakit Persendian, Penyakit Jantung, Darah Tinggi, Stroke, Kanker, Infeksi / Peradangan dan Asthma.
Namun jenis teripang yang digunakan untuk diextract sebagai obat alami biasanya berbeda dari yang biasa digunakan untuk dimakan biasa.
Teripang seperti layaknya sarang burung walet dan sirip ikan hiu masuk dalam katagori makanan yang bersifat delikasi dan sekaligus menyehatkan, terutama untuk perawatan kulit, pencernaan, pernapasan dan jantung
Ini disebabkan oleh karena teripang (seperti juga halnya sarang burung walet dan sirip ikan hiu) memiliki kadar Collagen yang tinggi dalam proteinnya.
Kini Teripang/Gamat (Stichopus) mulai dicari oleh para praktisi alternative yang telah mempelajari khasiat GAMAT, karena selain kaya kandungan Collagen juga terdapat kandungan substansi penting lainnya seperti Mucopolysaccharide, Glucosamine Sulfate, Chondroitin Sulfate, Holoturin, Asam Lemak W3, Mineral & Trace Mineral penting spt: Calcium, Chromium, Mangan, Ferum, Nikel, Cadmium, Cobalt dan Zinkum, Omega3 yang terdiri dari Eicosapentaenoic (EPA) dan Docosahexoenoic (DHA).
Para praktisi alternative pada umumnya menggunakan Collagen untuk memperbaiki kulit yang rusak, keriput dan tulang yang rapuh.

Habitat
Jumlah species teripang diperkirakan sekitar 1100, kawasan Indo-Barat saja terdapat kurang lebih 300 species. Di perairan Malaysia terdapat lebih dari 43 jenis teripang, dan 36 diantaranya mendiami kawasan air pasang surut (litoral) negeri Sabah. Penyebaran dan kepadatan species berubah-ubah menurut keadaan topography suatu tempat, habitat maupun keadaan lingkungan seperti suhu (29 – 30C) kadar oxygen (7.3 – 7.5 mg/L), kadar garam atau salinitas air (29 – 31 ppt) dan pH air laut (7.3 – 7.5).
Hewan invertebrate laut ini dapat ditemukan di daerah pasang surut hingga kedalaman 8000 m ke dasar laut. Kebanyakan teripang di kawasan tropika adalah dari golongan Aspidokirodita. Pada umumnya di perairan Malaysia teripang hidup pada kedalaman air kurang dari 20 meter. Pada kedalaman ini terumbu karang masih hidup selama mereka mendapat sinar matahari.
Teripang bergerak perlahan pada dasar laut dengan bantuan kaki-kaki yang menyerupai tabung. Tingkah laku hewan ini berbeda-beda bergantung pada jenisnya. Sebagian ada yang membenamkan dirinya perlahan-lahan ke dalam pasir atau lumpur, sebagian lagi merayap pada celah- celah batu, cabang-cabang karang hidup dan mati, permukaan pasir halus, lumpur berpasir, berlindung dibalik rumpun-rumpun algae, rumput laut dan rumbai laut seperti Sargassum dan Pudina.
Contohnya:
Teripang/Gamat Stichopus Hermanii mendiami kawasan karang hidup jenis tanduk rusa (Staghorn, Acrophora), sementara Actinopyga Echinites berhabitat di kawasan berpasir halus dan batu-batuan yang kaya akan rumbai laut yang mungkin dimanfaatkan sebagai pelindung sekaligus sumber makanan. Gamat Stichopus berteduh dan berlindung di bawah karang pada siang hari. Itulah sebabnya perburuan Gamat di pulau Langkawi secara tidak terkendali dapat membahayakan kelestarian alam karang serta habitat kehidupan laut disebabkan oleh pembalikan karang-karang oleh pemburu teripang.
Sementara perburuan Gamat di daerah Sabah dilakukan pada malam hari, ini disebabkan karena hewan-hewan ini justru keluar pada saat petang dan sekaligus mencegah kerusakan karang akibat pembongkaran selama perburuan dan memakan waktu puluhan tahun untuk pemulihan.

Khasiat Teripang/Gamat
Keampuhan GAMAT dalam merawat berbagai penyakit ini telah mendorong para scientist beberapa Universitas Malaysia pentingnya teripang sebagai sumber obat-obatan. Berawal dari bantuan subsidi dana penelitian setempat seperti IRPA RMK-7 dan dana penelitian lain yang disubsidi oleh lembaga-lembaga pendidikan seperti Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Islam - International Malaysia, SMIDEX serta bantuan logistic Himpunan Nelayan Sabah, Taman Laut Sabah, Organisasi Perikanan, Lembaga Kemajuan Ikan Malaysia (LKIM) dan beberapa pengusaha GAMAT domestic, DR. Ridzwan dan rekan-rekannya telah melakukan penelitian juice extract kasar beberapa species teripang berkenaan khasiatnya memulihkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan, termasuk penelitian seputar hal "Budi Daya Teripang". Hasil riset yang telah dibukukan mendapatkan penghargaan sebagai “Peternak Teripang Pertama di Malaysia” oleh “The Malaysia Book of Record”.
Beberapa jenis species GAMAT berupaya mempercepat proses penyembuhan luka di tubuhnya sendiri. Penerapannya pada kulit manusia sangat hebat, penampilan permukaan kulit yang cedera setelah dirawat dengan sari GAMAT kembali normal, bekas luka hampir tidak kelihatan.
Kajian sari GAMAT terhadap tikus putih menunjukkan kandungan Antinosiseptive (penghilang rasa sakit / nyeri) lokal yang kualitasnya hampir menyerupai getah analgestic morphin. Selain itu sari GAMAT juga didapati mempunyai khasiat Antiinflamasi (anti peradangan).
Kandungan sari GAMAT didapati mengandung enzyme SOD (Super Oxide Dismutase) yang dapat menetralisir radikal bebas penyebab kanker / tumor, asam Omega yang dapat memperlambat proses penuaan.
Selain itu extract ini menghasilkan khasiat Antianafilaksis, mungkin disebabkan GAMAT mengandung bahan Bio-Active yang bersifat Antagonis terhadap kontraksi saluran pernapasan oleh Histamin. Beberapa jenis species GAMAT mempunyai khasiat Antiseptic yang menghambat pertumbuhan beberapa jenis kuman – bacteria, virus maupun jamur.
Selain mempunyai efek pemulihan terhadap Arthritis, juga memiliki khasiat Vasodilatasi pada saluran coronary jantung dan menurunkan Hypertensi.
Extract GAMAT kasar memberikan efek Sitotoxic terhadap sel-sel Leukimia CEM-SS T-Lymphoblastic dan sel-sel Raji secara invitro.
Khasiat sebagai efek laxative terbukti dengan ditemukannya Enzyme Lactate Dehydrogenase dalam beberapa species teripang.

Hidangan Exclussive
Masyarakat China Taiwan menganggap teripang (Hoi Sum) sebagai salah satu hidangan delikasi (istimewa) pada hari-hari raya.
Juice extract dijadikan minuman Tonic dan ramuan-ramuan lain dalam perobatan China. Kebiasaan meminum sari pati GAMAT ini juga dilakukan oleh para nelayan penduduk Sabah maupun Semenanjung, karena kemampuannya menguatkan badan.
Di Malaysia Timur seperti negeri Sabah, teripang dimanfaatkan sebagai sumber protein tambahan oleh suku pribumi Sulu, Kadazan, Bajau, Sungai, Dusun serta kaum pendatang Philipina.

Sumber: www.gamatmaster.com

0 komentar:

Posting Komentar

Yazid Muttaqin

JL. KH. Iskhak RT 3 RW 3 Kota Tegal
No. HP: 0853 2807 4498
WA: 0853 2807 4498
BBM: 7FA7A5C9

PRODUK